Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Pengertian Dan Fungsi VGA

Pengertian Dan Fungsi VGA - Seputar VGA - Video Graphics Array (VGA), ialah suatu standar tampilan dari sebuah komputer analog yang dijual pertama kali oleh IBM di tahun 1987. Meskipun standar VGA telah tak lagi dipakai sebab telah diganti oleh standar yang sudah lebih baru, VGA tetap saja diimplementasikan pada Pocket PC.
Pengertian Dan Fungsi VGA

VGA ialah standar grafis terbaru yang diikuti oleh pabrik umum dikuasai pabrik pembuat kartu grafis untuk atau khusus komputer. Tampilan Operatyng System Windows hingga kini tetap memakai modul VGA sebab didukung oleh banyak sekali produsen monitor serta kartu grafis.

Video Graphics Array (VGA) ini biasa disebut juga dengan nama video card, display card,  video adapter, graphics card,  display adapter, graphics board atau graphics adapter. Nama VGA sendiri juga tidak jarang dipakai untuk mengacu terhadap resolusi layar yang berkapasitas 640×480, siapapun pembuat hardware kartu grafisnya.

 Kartu VGA bermanfaat untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk proses tampilan grafis atau bahkan bermain permainan video, diharapkan kartu grafis yang anda miliki harus VGA yang berdaya tinggi. Produsen pada kartu grafis yang populer pada saat ini  antara lain ATI serta nVidia.

Selain itu, VGA juga bisa mengacu terhadap konektor VGA 15-pin yang tetap dipakai dengan cara luas untuk mengantar sinyal video analog menuju ke monitor. Standar VGA dengan cara resmi telah digantikan oleh standar XGA dari IBM, namun ternyata VGA justru digantikan oleh Super VGA.
Kartu VGA pada zaman sekarang telah menggunakan Graphic Accelerator chipset, yang merupakan chipset masa saat ini di mana telah memasukkan performa percepatan tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan di chipset yang dimilikinya.

Pengertian Dan Fungsi VGA


Selain kartu VGA, sekarang juga ada "periferal" (bahasa Inggris: peripheral) komputer pendukung yang dinamakan "3D Accelerator" (akselerator untuk tiga dimensi), yang mana manfaat dari akselerator 3D ini merupakan untuk mengolah atau untuk menterjemahkan data foto 3D dengan cara yang lebih sempurna.

Akselerator 3D yang keberadaannya sudah tak lagi memerlukan IRQ ini sanggup melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks serta lebih sempurna, misalnya saja ialah pada permainan-permainan komputer yang mendukung desain tiga dimensi sanggup ditampilkan dengan citra yang jauh lebih realistis, jadi bisa menawarkan kesan sangat nyata.

Hal ini disebabkan banyaknya manfaat pengolahan grafis tiga dimensi yang pada dulunya dilakukan prosesor pada "papan induk" (bahasa Inggris: motherboard), saat ini sudah bisa dikerjakan oleh prosesor grafis tiga dimensi di 3D accelerator ini.
Dengan adanya pemecahan kerja ini, jadi prosesor pada motherboard bisa lebih banyak unruk melakukan tugas pemrosesan data-data yang lainnya. Selain itu programmer juga tak butuh manfaat grafis tiga dimensi, karena manfaat ini telah disediakan dengan sendirinya oleh akselerator tiga dimensi.

Sekian Artikel Mengenai Pengertian Dan Fungsi VGA

Tags : Pengertian Dan Fungsi VGA, cara menambah vga laptop, video graphics, apa itu vga, pci slot, fungsi vga, jenis vga, gambar vga, 
gambar vga, 
jenis jenis vga
,kepanjangan vga
,macam macam vga
,vga bekas
,kegunaan vga
,vga eksternal
,singkatan vga
,perkembangan vga
,spesifikasi vga
,kepanjangan dari vga, 
pengertian dan fungsi vga
Tag : Komputer, Laptop
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Fungsi VGA"

Back To Top