Berbagi Tips Komputer, Blogger, Dan Android

Pengertian Dan Cara Mengatasi BootLoop

Pengertian Dan Cara Mengatasi BootLoop ~ Bootloop adalah sebuah masalah pada Android, dimana kita tidak bisa masuk ke startup, sehingga kita tidak sampai bisa di menu home, sehingga akan otomatis kembali ke state awal seperti hp akan dihidupkan.
 Bootloop akan terjadi terus menerus sehingga kalian tidak bisa menggunakan Android kalian sebelum kalian memperbaikinya, baik untuk sms, telfon, internetan dll.

Pengertian Dan Cara Mengatasi BootLoop

Sebaiknya kalian jangan terburu-buru menanggapi masalah tersebut, jangan langsung mempraktekan tutorial yang ada di internet tanpa memikirkan dampaknya bagi Android kita, bahkan apabila gagal pasti lebih parah dampaknya bagi Hp kita.

Jenis-jenis Bootloop Dan Cara Mengatasinya :

1. Android Light Bootloop: Bootloop ini merupakan bootloop yang paling ringan, mungkin terjadi karena kesalahan saat menginstall game atau apllikasi, karena pengguna biasanya melakukan pemakaian dengan normal, mungkin pada saat bermain game, tiba-tiba Android merestart dengan sendirinya dan berhenti pada logo, sehingga tidak bisa masuk startup.
Untuk mengatasinya dengan cara mencabut baterai dan memasangkanya kembali.

2. Android Medium Bootloop: Bootloop ini merupakan bootloop kelas menengah, biasanya terjadi karena pengguna hp tersebut berusaha mengoprek device milik mereka dan mubngkin terjadi kesalahan sehingga mengakibatkan bootloop ini.
Melakukan factory reset lewat cwm apabila sudah terinstall cwm, atau lewat recovey mode. Untuk cara masuk ke recovery mode biasanya dengan cara menekan tombol home+kombinasi tombol volume.

3. Android Hard Bootloop: Android Hard Bootloop atau lebih biasa disebut dengan Hardbrick  merupakan tingkatan bootloop yang paling atas, bisa disebut dewanya bootloop. Mungki  ini terjadi karena user melakukan modifikasi pada file OS android, sehingga tidak bisa melakukan booting sampai startup, mungkin hanya mentok di logo android saja.  Mungkin bisa juga karena pengguna melakukan rooting pada device android mereka, melakukan modifikasi script, mungkin memodifikasi atau merubah style font mereka, mengubah partisi pada sd card, salah melakukan install custom rom. 
Cara memperbaikinya dengan cara melakukan flashing pada device anda, dengan cara menginstall rom atau custom rom yang cocok untuk perangkat Android anda.

Itulah sedikit informasi mengenai Pengertian Dan Cara Mengatasi BootLoop yang saya sampaikan pada postingan kali ini, untuk kurang atau lebih nya saya minta maaf :D

0 Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Mengatasi BootLoop"

Back To Top